Rabu, 06 Januari 2016

Gunung Gede Pangrango



Taukah kamu? Gunung Gede Pangrango merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung gede ini berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Pangrango, yang merupakan salah satu dari 5 taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Kenapa dikatan gunung gede? Hal tersebut karena gunung ini berada tepat diantara 3 kabupaten yakni Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gerbang utama ke gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas. Nah, Gunung Gede juga memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari formasi-formasi hutan submontana, montana, subalpin, ekosistem danau, rawa, dan savana. Selain itu, Gunung Gede terkenal kaya akan berbagai spesies burung yakni sebanyak 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat dipulau Jawa. Beberapa jenis diantaranya merupakan burung langka yakni elang Jawa (Spizaetusbartelsi) dan celepuk jawa (Otus angelinae).
Yang paling menarik dari Gunung Gede Pangrango adalah di sekitar Gunung Gede yang terdapat beberapa petilasan peninggalan bersejarah yang dianggap mengandung unsur-unsur magis leh sebagian peziarah, seperti petilasan Pangeran Suryakencana, putri jin dan Prabu Siliwangi. Hal tersebut karena kawasan Gunung Gede merupakan tempat bersemayamnya Pangeran Surya Kencana. Petilasan singgasana Pangeran Surya Kencana berupa sebuah batu besar berbentuk pelana. Sampai sekarang, petilasan itu masih berada di sedang alun-alun, dan disebut Batu Dongdang yang dijaga oleh Embah Layang Gading. Sumber air yang berada di sedang alun-alun, dulu merupakan jamban untuk keperluan minum dan mandi Pangeran Surya Kencana.
Selain hal di atas, kawasan Gunung Gede memiliki beberapa kawah yang terdiri dari, Kawah Ratu, Kawah Lanang, dan Kawah Wadon. (Anisa Jayanti Gusman & S.A)

https://www.google.com/search?q=gambar+gunung+gede+pangrango&tbm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar