Jumat, 08 Januari 2016

Perkembangan Geopark Ciletuh

Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap mengembangkan bandara Citarate, Kecamatan Ciemas dalam waktu dekat ini. Bandara ini menopang pariwisata, Geopark Ciletuh dan Palabuhanratu yang menjadi andalan wisata alam di Kabupaten Sukabumi. Terlebih Geopark Ciletuh menjadikan obyek wisata kelas dunia.“Syarat kalau standar dunia itu ‘sixty minute disten’ atau bisa dicapai sekitar 160 menit dari bandara. Jadi jarak itu bukan kilometer. Kalau mau standar dunia harus begitu,” jelasnya.
Dalam pengembangan Geopark Ciletuh, Pemprov Jabar bekerjasama dengan Kementrian ESDM, Geologi, Pemkab Sukabumi, para pecinta alam, jurnalis, akademisi. Harapannya Geopark Ciletuh menjadi unggulan Provinsi Jabar, khususnya Sukabumi karena wisatawan asiang bakal mengunjungi tempat ini.
“Kami berencana mengembangkan Bandara Citarate yang lokasinya tidak jauh dari Ciletuh. Jadi nanti dari BIJB Kertajati suttle ke Citarate, sehingga sixty minute disten itu bisa terpenuhi,” ungkapnya.
Kendati belum menghitung dan belum mengetahui anggaran, namun pengembangan bandara tersebut harus dilakukan sesegera mungkin. Terlebih bandaranya sudah ada, landasan perintisnya pun bisa dilalui pesawat.
Wagub berjanji merancang pengembangan Citarate. Kendati begitu, dalam mengembangkan bandara pihaknya harus berkoordinasi dengan Pertamina lantaran BUMN tersebut turut serta dalam merencanakan pembangunan bandara Citarate..
Geopark Ciletuh ini merupakan kawasan wisata minat khusus, jadi untuk edukasi sangat bagus. Makanya Wagub mengajak warga yang punya jiwa petualangan, mendatangi Geopark Ciletuh.
 “Potenis budaya ini berupa produk budaya seperti kesenian, situs, sarana, agen sosial yang potensial dan sejenisnya yang dapat dimanfaatkan sebagai penguat pariwisata, sedangkan potensi alam adalah potensi yang dapat dimanfaatkan untuk pariwisata, seperti lanskap (ruang, bentangan, tebing, dan saujana), udara, maupun potensi yang ada di air, seperti sungai, pantai, dan laut,” papar Nunung.
Sedangkan Penjabat Bupati Sukabumi, Achadiat Supratman mengatakan kawasan Geopark Ciletuh ini bakal menjadi tempat wisata andalan di Sukabumi, setelah pantai Palabuhanratu. ”Saya optimis Geopark Ciletuh bakal meningkatkan kesejahteraan warga sekitar,’’ kata Achadiat.
Makanya, Pemkab Sukabumi memperjuangkan terwujudunya Geopark Ciletuh menjadi geopark nasional dan geopark dunia. Selain itu, juga mempromosikan kawasan geopark yang memiliki kekayaan alam berupa keragaman geologi (geodversity), keragaman hayati (geodiversity), serta keragaman budaya (cultural diversity). (Purwansyah)

1 komentar: