Kamis, 07 Januari 2016

Sisingaan Salah Satu Budaya Sunda

Boneka singga diusung sambil menari merupakan ciri kesenian sisingaan dari Subang, kesenian yang berkaitan erat dengan situasi sosial politik pada masa kolonial.


Salah satu warisan budaya khas masyarakat Sunda (Jawa Barat) adalah sisingaan. Kesenian yang menampilkan dua sampai empat boneka singa ini berasal dari Subang jawa Barat. Diatas boneka singa yang diusung sambil pemainnya menari biasanya duduk seorang anak yang akan dikhitan atau seorang tokoh masyarakat.
Lahirnya kesenian sisingaan berkaitan erat dengan situasi sosial politik pada masa kolonial, yaitu ketika wilayah subang dijajah dan diduduki oleh pemerintaha kolonial Hindia Belanda selanjutnya ketika wilayah subang menjadi daerah perkebunan yang dikuasa secara bergantian oleh para penguasa tuan tanah kebangsaan Belanda dan Inggris. Kesenian sisingaan dipersepsikan oleh banyak kalangan sebagai suatu bentuk kesenian yang mengekspresikan perlawanan dan pembrontakan, serta rasa ketidak puasan terhadap penguasa pada masa kolonial.
Dalam perkembangannya kesenian sisingaan tidak hanya di kabupaten Subang melainkan menyebar ke kabupaten lain di Jawa Barat seperti kabupaten Bandung, Purwakarta dan sumedang. Kesenian ini juga mengalami perkembangan baik dalam bentuk penyempurnaan boneka singa, penata tari, kostum pemain, maupun waditra dan lagu-lagu yang di mainkan.(Rasti)
Sumber: www.kotasubang.sisingaan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar