Minggu, 20 Desember 2015

LESEHAN SEBAGAI CIRI KHAS BUDAYA



Beberapa masyarakat Sukabumi membuka tempat makan dengan nuansa lesehan meski di zaman modern seperti ini banyak restoran mewah tapi lesehan masih ramai dikunjungi serta banyak diminati



Nampaknya sudah tak asing lagi bagi masyarakat modern memilih tempat makan (lestoran) bergaya barat menjadi tempat yang dituju untuk mengenyangkan perut mereka. Sejatinya terlihat mewah, dan makanan yang disajikan nampak lebih terlihat mahal. akan tetapi Indonesia tetaplah Indonesia yang kaya akan budaya. Ditengah maraknya tempat makan bergaya modern dan lebih berkiblat ke barat, masih dapat ditemukan pula warung makan dengan tradisi lesehan yang merupakan ciri khas makan sunda yang tradisonal. Gaya bangunannya yang khas dibuat menarik dengan gaya bangunan tradisional, menggunakan atap dari ilalang, tiang dari bambu, makan dengan menggelar tikar dan sebagainya, bahkan dari segi makan pun nampak berbeda. Tempat lesehan ini lebih memilih makan dengan menggunakan tangan yang juga merupakan sunnah Rasulullah, selain dari pada itu muncul dari segi makanan yang ditawarkan lebih ke khas tadisional sunda dengan menggunakan lalaban, tempat nasi dari rotan, daun, piring dan sebagainya.
          Lesehan merupakan suatu kebudayaan yang diwariskan  nenek moyang kita. Setidaknya masyarakat yang menyediakan tempat makan bergaya lesehan ini dapat mempertahankan ciri khas dari kebudayaannya yang mendarah daging dalam diri mereka, suatu ciri khas yang unik di tengah berkembangnya zaman yang semakin modern. Budaya tersebut dapat dipertahankan dan dilestarikan sehingga tidak punah termakan oleh zaman.
          Di kota sukabumi pun, masih terlihat adanya tempat makan bergaya lesehan seperti Saung Abah yang mempertahankan ciri khas kebudayaannya melalui bangunan, gaya makan, penyajian dan sebagainya, hal tersebut membuat masyarakat tertarik dan ramai mengunjungi tempat tersebut. Karena itu tanpa kita sadari bahwa dengan budaya lesehan seperti itu saja kita memperkenalkan budaya Indonesia ini sangatlah kaya salah satunya dapat dilihat dari tempat makan bergaya lesehan. (Desum & S.A)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar