Jumat, 25 Desember 2015

INDONESIA MENDONGENG




“Menghidupkan kembali budaya mendongeng khususnya dikalangan anak. Sebagaimana kita ketahui budaya mendongeng yang sudah hampir punah”        
Permainan Oray-Orayan
          Sukabumi, 25 Desember 2015. LLC dan Relawan Rumah Zakat Sukabumi mempersembahkan Indonesia Mendongeng 3, yang dilaksanakan serentak di 14 kota di Indonesia, salah satunya “Sukabumi” dengan tujuan membentengi santri TPQ dari kristenisasi, mengangkat kembali budaya literasi mendongeng, serta silaturrahmi akbar siswa TPQ nusantara.  Sukabumi pertama kalinya melaksanakan Indonesia Mendongeng 3 dengan mengundang siswa/siswi SD, MI, santri TPA dan TPQ Kota Sukabumi, Dengan menghadirkan pembicara yang didatangkan langsung dari bandung yaitu “Susanti Agustina S.Sos., M.I.Kom”. Antusiasnya acara Indonesia Mendongeng 3 kini dihadiri dan sekaligus acara dibuka oleh ketua PKK Kota Sukabumi.
Permainan Ular Tangga
          Budaya mendongeng merupakan budaya yang diwariskan dari nenek moyang kita, budaya ini diterapkan oleh para orang tua terdahulu, namun saat ini sudah hilang termakan oleh zaman bahkan mulai punah dan tidak dikenal lagi baik dikalangan orang tua, maupun siswa. Dihadirkannya Indonesia Mendongeng 3 ini dapat mengangkat dan memperkenalkan kembali budaya mendongeng khususnya ditanamkan kepada para orang tua dan siswa/siswi di sekolah.
          Tidak hanya mendongeng dalam acara ini pun diperkenalkan permainan tradisional anak-anak diantaranya permainan oray-orayan, dan ular tangga. Perlu diketahui bahwa anak zaman sekarng lebih mengenal dengan gedzet dari pada bermain tradisional, padahal jika kita perhatikan permainan tradisional memberikan manfaat yang besar bagi anak seperti konsentrasi, mengasah daya ingat anak dan sebagainya.
          Sudah sepantasnya, sebaiknya para orang tua mulai memperkenalkan kembali budaya mendongeng pada anak. Agar budaya mendongeng ini tetap ada dan diterapkan salah satunya dalam membentuk sikap anak. (Desum)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar