Selasa, 15 Desember 2015

Lestarikan Budaya Mendongeng




Indonesia adalah negara dengan kepulauan terbesar di dunia, setiap pulau tentu saja memiliki cerita dan dongeng yang berbeda dengan daerah lainnya. Cerita dan dongeng setiap daerah  bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Dongeng adalah sastra lama atau cerita tradisional yang disampaikan turun temurun, meski dongeng bercerita tentang kejadian fiksi namun selain menghibur setiap dongeng  mengandung pesan, nilai-nilai hidup dan ajaran moral.
Mendongeng adalah salah satu cara orang tua untuk menanamkan kebaikan dan budi pekerti, dengan media dongeng segala ajaran-ajaran yang ingin disampaikan orang tua pada anak akan lebih mudah diterima. Selain itu budaya mendongeng pun sangat bermanfaat seperti mempererat hubungan emosi antara anak dan orang tua, membuat anak cepat tanggap, meningkatkan keterampilan bahasa dan lainnya.
Budaya mendongeng memang semakin memudar namun tahun ini para pecinta dongeng dan pendongeng patut bersyukur karena pemerintah mendukung disepakatinya Hari Dongeng Nasional. 28 November lalu Deklarasi Hari Dongeng Nasional dilakukan serentak pada pukul 10.00 oleh para pecinta dongeng, pendongeng dan komunitas lainnya.
Tanggal lahir Pak Raden dipilih sebagai Hari Dongeng Nasional karena mengingat jasa beliau terhadap perkembangan dongeng di Indonesia. Dengan diberlakukannya Hari Dongeng Nasional maka setiap tahunnya bangsa Indonesia akan memperingati Hari Dongeng Nasional sehingga budaya dongeng tidak akan hilang. Dan dengan diadakannya hari dongeng nasional ini salah satunya adalah untuk mengembangkan budaya dongeng tersebut yang akhir-akhir ini mulai tersisihkan oleh adanya teknologi seperti televisi, game online dsb. (Puteri LQ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar