Senin, 04 Januari 2016

Kebiasaan kurang baik pelajar




Taukah kamu? bahwa corat-coret di meja kelas salah satu kebiasaan pelajar yang sulit dihilangkan. Corat-coret di meja kelas merupakan warisan kebiasaan dari zaman dulu, zaman dimana sudah ada alat tulis yang di gunakan untuk corat coret. Disadari ataupun tidak selama pembelajaran berlangsung kita sering melakukan kebiasaan corat-coret meja. Di sekolah manapun (di Indonesia) tidak akan terhindar dari tulisan beraneka ragam. Banyak orang yang mengatakan bahwa aksi corat-coret meja dikatagorikan sebagai aksi budaya walaupun budaya kurang baik.
Corat-coret meja merupakan salah satu bentuk pengungkapan ekspresi sehingga perlu adanya wadah untuk pengungkapan ekspresi tersebut, hal inipun sebenarnya banyak dinikmati karena pada saat bosan dalam belajar sengaja ataupun tidak kita akan membaca coretan-coretan itu dan tidak jarang pembaca senyum-senyum sendiri dan ikut meramaikan coretan tersebut entah membalas coretan yang sudah ada, melanjutkan coretan dengan menambahkan kata, menahbahkan dengan gambar dan lain sebagainya.
Aksi corat-coret meja dianggap menimbulkan kerugian karena meja jadi banyak coretan sehingga tidak layak pakai kemudian konsentrasi belajar terganggu. Untuk memperbaiki budaya corat-coret yang kurang baik tersebut, memerlukan perubahan pandangan, perilaku, pendidikan dan pengetahuan . itu semua harus dilakukan secara berkesinambungan. (Rasti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar