Senin, 04 Januari 2016

Menggunakan tangan untuk kesehatan



Setiap orang memiliki kebiasaan yang susah untuk ditinggalkan dan diubah, baik itu kebiasaan baik maupun kebiasaan buruk dan ternyata ada kebiasaan orang Indonesia yang dianggap unik di mata dunia dan bahkan telah menjadi daya tarik tersendiri bagi orang Indonesia. Apa saja kebiasaan tersebut? apakah anda termasuk pelaku kebiasaan ini?
makan menggunakan tangan
Pada zaman serba instan sekarang banyak masyarakat mengganggap bahwa makan dengan menggunakan tangan merupakan salah satu hal yang dianggap jorok, karena berpikir bahwa pada tanggan terdapat banyak bakteri yang akan menyebabkan penyakit apabila makan dengan menggunakan tangan. Dan pada dasarnya banyak diantara orang Indonesia terbiasa makan dengan tangan tanpa menggunakan sendok atau garpu. Cara makan dengan menggunakan tangan orang Indonesia berbeda dengan cara yang dilakukan oleh orang luar negeri. Cara orang Indonesia yaitu dengan membenamkan sebagian jari-jari ke makanan kemudian mencengkram makanan tersebut dengan jari-jari tersebut. Melihat hal seperti ini kadang membuat orang lain yang tidak suka makan dengan menggunakan tangan merasa jijik.
Tapi apakah kita tahu bahwa ternyata ada kelebihan dari makan dengan menggunakan tangan?
Dan ternyata menggunakan tangan ketika makan menjadi jauh lebih sehat. Karena pada tangan ternyata terdapat sebuah enzim yang memiliki kemampuan untuk menurunkan aktivitas dari banyak bakteri yang ada di tangan saat kita makan. Dengan menggunakan tangan faktanya, kita akan merasa kenyang hanya dengan menyantap makanan dengan tangan. Dan pada nyatanya makan dengan menggunakan tangan akan membuat kita lebih menikmati makanan tersebut, itulah sebabnya kenapa rasanya makan dengan tangan akan lebih lezat dan nikmat ketimbang dengan menggunakan sendok.
Maka dari itu marilah kita memulai pola hidup yang sehat dan melestarikan budaya makan dengan menggunakan tangan (kanan). Selain baik untuk kesehatan hal tersebut pula sangat baik dan memang diwajibkan dalam agama. (Rahmi)

Sumber : www.Lifestyle.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar