Sabtu, 28 November 2015

BEBELETOKAN/SENAPAN BAMBU

Bebeletokan atau bisa disebut pula permainan senapan bambu adalah salah satu permainan yang masih digemari anak-anak hingga sekarang, khususnya di daerah cianjur selatan.
“Permainan bebeletokan adalah permainan yang dapat melatih kecepatan dan kerja sama anak jika dimainkan secara berkelompok. Selain itu permainan ini mudah didapat karena bisa dibuat kapan saja”. Ungkap salah satu warga bernama Aan.
permainan ini terbuat dari bambu tua yang ukurannya kecil. Cara memainkan permainan ini mudah sekali, untuk dapat melontarkan peluru pertama-tama dibuat dua peluru kertas/Koran yang telah dibasahi. Ukuran peluru disesuaikan dengan ukuran lubang senapan bambu tersebut. Cara memainkannya masukan peluru pertama ke ujung lubang senapan kemudian masukan peluru kedua ke pangkal senapan, setelah itu dorong dengan cepat peluru yang berada di pangkal senapan oleh batang pendorong senapan tersebut. Lalu akan menimbulkan bunyi “Beletok” seperti senapan yang menembakan peluru maka dari itulah masyarakat Sunda menyebut permainan ini “Bebeletokan karena hasil dari suara mainan itu sendiri. (Siti Apipah)


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar