Senin, 30 November 2015

Kopi teman santai



Minum kopi di Indonesia sekarang sudah menjadi tradisi karena kopi di senangi oleh banyak kalangan, baik orang tua, remaja sampai wanita. Di Indonesia minum kopi sebagai ajang untuk teman santai pelengkap obrolan-obrolan ringan. Meski terkadang rokok pun menemani tapi hal itu tabu, buat beberapa golongan kecil yang sekarang mulai merangsek menjadi-jadi. Kita berbicara tentang kopi saja. Budaya minum kopi dahulunya adalah salah satu cara untuk merayakan sebuah moment penting. Bahkan sejak kecil masyarakat indonesia sudah kenal dengan minuman kopi. Bahkan tidak sedikit pula yang mengalami pusing dan tidak enak badan jika belum meminum secangkir kopi. Dengan secangkir kopi mengakrabkan suasana, membuka obrolan obrolan ringan yang menyenangkan, saling berbagi informasi dan pengetahuan. Kopi sebagai penghangat, pendamai dan pengakrab suasana.
Di indonesia terdapat dua daerah yang dikenal sebagai surga pencinta kopi yaitu Aceh dan Yogyakarta. Tentunya selain dua daerah itu masih banyak daerah lain yang memiliki budaya kopi yang tak kalah menarik. Akan tetapi dua daerah ini lah yang memiliki ke khasan yang cukup menarik perhatian. Kopi aceh memiliki cita rasa dan kekentalan tersendiri. Aceh merupakan daerah penghasil kopi arabika terbesar di Indonesia dan memiliki pecandu kopi yang istimewa. Kopi arabika berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri dibanding kopi yang ada di Jawa. Budaya minum kopi di aceh tak mengenal waktu baik pagi, siang, sore, malam, bahkan larut malam. Didampingi dengan gorengan dan obrolan-obrolan khas warung kopi. Tempat-tempat ngopi di Aceh selalu ramai 24 jam tanpa mengenal hari libur.
Tidak mau kalah dengan Aceh, Yogyakarta memiliki budaya minum kopi yang cukup unik. Pasti anda pernah mendengar kopi joss angkringan Yogyakarta. Kopi jos merupakan kopi tubruk khas Jogja yang diberi arang yang masih menyala. Hal ini menyebabkan kopi joss hangat tahan lama dan memiliki ciri khas tersendiri, cocok untuk menemani waktu nongkrong anda. Menikmati secangkir kopi joss dengan berbincang-bincang mulai dari yang ringan sampai yang berat begitu akrab di Jogjakarta. Kopi joss merupakan salah satu budaya yang menjaga keakraban di Yogyakarta.
Di Nusantara dari Sabang sampai Marauke memiliki masing-masing ciri khas budaya ngopi . Di Aceh minum kopi adalah sebuah kewajiban yang tak tertulis di masyarakatnya, begitu pula kota–kota lain seperti Medan, Palembang, Lampung, Bogor, Bandung, Yogya, Semarang, Gersik, Banyuwagi, Madura, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Bima, NTT, Ambon, Maluku, sampai dengan Papua. Masing-masing daerah memiliki budaya dan kopi khas masing-masing yang pantas untuk dicoba. 
 (Purwansyah Deffy. D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar